http://emailcashpro.com http://emailcashpro.com

Hindari Kekambuhan Dan Kurangi Rasa Nyeri




Operasi Hernia: Operasi Hernia dengan MESH di Kamar Operasi RS Al Huda Genteng.


RS Al Huda Siap Operasi Hernia

Hindari Kekambuhan Dan Kurangi Rasa Nyeri

Genteng - Rumah Sakit  Al Huda (RSAH) Genteng memberikan layanan operasi hernia dengan metode MESH. Layanan ini bertujuan untuk meminimalisir angka kekambuhan dan rasa nyeri. Metode ini sangat aman, utamanya bagi pasien dengan penyakit penyerta kronis seperti diabetes, hipertensi dan juga bagi pasien-pasien yang memiliki mobilitas tinggi.
Menurut Dokter Suryadinata Manajer Pelayanan Medis RSAH, operasi hernia umumnya dilakukan ketika pasien sudah merasa terganggu. “Selama ini pemulihan operasi sampai dengan pasien bisa aktifitas normal kembali seperti mengangkat berat dan mengejan membutuhkan waktu lama bisa sampai 6 bulan. Dengan metode terbaru ini, kata dia, diharapkan pemulihan bisa lebih cepat 2 sampai 3 bulan otot perut sudah kembali normal, bahkan lebih kuat. "Sehingga penderita bisa segera melakukan aktifitas berat seperti sebelumnya,” ujarnya.
Sementara itu, dr Nyoman Wira Sp B, dokter spesialis bedah RSAH menjelaskan, seiring perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, operasi hernia kian berkembang. Dulu, operasi dilakukan dengan membedah perut, usus dikembalikan ke rongga perut. Lalu bagian dinding perut yang lemah dan membentuk kantong hernia dibuang dan dijahit kembali. "Sayangnya, dengan langkah itu penderita kerap kambuh kembali. Karenanya, operasi saat ini ditambah dengan pemasangan MESH," paparnya.
Dikatakan, alat ini berfungsi memberi kekuatan tambahan pada bagian terlemah pada otot dinding belakang perut. “Dengan demikian kemungkinan kekambuhan bisa dikurangi bahkan dihindari," paparnya.
Dijelaskan, hernia merupakan kondisi keluarnya sebagian usus dari rongga perut hingga membentuk tonjolan yang bisa terlihat dan teraba dari luar. Pada orang dewasa, gangguan itu disebabkan oleh melemahnya otot dinding perut sehingga tidak mampu menahan usus tetap di rongga perut.
Dikatakan, melemahnya otot dinding perut itu disebabkan sejumlah faktor. Antara lain faktor genetik, bertambahnya usia, jenis pekerjaan yang membuat seseorang kerap mengangkat beban berat, obesitas, serta penyakit yang kerap membuat orang mengejan berkepanjangan.
"Tonjolan hernia ada yang terjadi di area perut, lipatan paha, dan ada pula yang terjadi di kantong buah zakar (skrotum) pada laki-laki,” ujar  nyoman.
Bagi yang memerlukan penjelasan atau mau berkonsultasi tentang Hernia dan penanganannya terkini bisa datang langsung berkonsultasi ke klinik bedah RSAH di Jalan. Gambiran No 225 Genteng Banyuwangi setiap hari kerja jam 17.00 - 19.00 . (rsah)

No comments:

Post a Comment