http://emailcashpro.com http://emailcashpro.com

MANJAKAN PASIEN DENGAN KEINDAHAN LINGKUNGAN





MENYEGARKAN; lingkungan bersih, penuh pepohonan hijau dengan taman yang terawat indah membangkitkan optimisme pasien untuk sembuh.

MANJAKAN PASIEN DENGAN KEINDAHAN LINGKUNGAN

Lingkungan Hijau Percepat Penyembuhan

Genteng- Sebagai rumah sakit yang mengedepankan pelayanan prima dan paripurna Rumah Sakit Al Huda (RSAH) Genteng bukan hanya memperhatikan masalah pelayanan. Pengelolaan lingkunan fisik termasuk pemeliharaan taman, dan penghijauan di sekitar rumah sakit juga menjadi prioritas tersendiri. Kali ini pembangunan taman sekitar ruang perawatan terus dibenahi. Karena kondisi lingkungan akan sangat mempengaruhi psikologis pasien yang berdampak terhadap proses penyembuhannya.
Seperti yang disampaikan Budi Hartono, S Kep Manajer Fasilitas dan Keselamatan RSAH. “Rumah sakit harus menjadi surga dan rumah kedua bagi pasien agar mereka cepat sembuh dari penyakitnya” ujarnya. Petugas yang tanggap, penanganan yang cepat dan tepat memang faktor utama yang mempercepat penyembuhan pasien. Tetapi Kondisi lingkungan fisik ruang perawatan juga amat vital dalam mempengaruhi psikologis pasien.
 Ruang perawatan yang bising, suhu udara terlalu panas, pencahayaan kurang, kebersihan dan kerapihan tidak terjaga akan meningkatkan stres pada pasien. Padahal Ruang perawatan seharusnya membangkitkan optimisme sehingga dapat membantu proses penyembuhan pasien
Lebih lanjut budi menjelaskan sirkulasi udara di rumah sakit penting untuk dicermati, sebab terkait langsung dengan kenyamanan tubuh manusia. Disamping menyuplai udara segar untuk pernafasan dan metabolisme tubuh, sirkulasi udara yang baik juga berhubungan dengan terciptanya suhu ruang yang kondusif bagi tubuh.
“Sehingga energi dalam tubuh akan focus untuk proses perawatan yang sedang diterima, bukannya terkuras untuk beradaptasi dengan lingkungan yang tidak nyaman” tegasnya.
Pernyataan menarik disampaikan Deny Ayu (24) salah seorang pasien yang sedang dirawat karena operasi melahirkan putra pertamanya. Senangnya dirawat di RSAH karena tidak merasa seperti sedang di rumah sakit. “Bersih, tidak ada bau menyengat khas rumah sakit, tidak menyeramkan dan halamannya indah seperti di RTH (taman kota). Udaranya segar, bahkan tamannya bisa untuk refreshing terutama sore dan malam hari. Sehingga nyaman untuk pasien, bagi yang jaga, kerasan dan tidak jenuh. Bahkan keluarga saya yang berkunjungpun mengatakan, kalau sambang orang sakit ke AlHuda seperti sedang rekreasi”, ungkapnya sambil tersenyum.(rsah)

No comments:

Post a Comment